Berikut 5 Langkah Menangani Depresi di Tempat Kerja

  • Whatsapp

Tiap orang yang bekerja tentu pernah rasakan depresi. Depresi pada tempat kerja dilandasi oleh beragam factor, seperti tugas yang tidak ada selesainya, beban kerja, dan lingkungan kerja yang kurang nyaman. Kamu harus ketahui bagaimanakah cara menangani depresi kerja supaya masih tetap sehat baik secara fisik atau psikis.

Berikut 5 Langkah Menangani Depresi di Tempat Kerja

Burnout Menurut WHO
World Health Organization (WHO) mengelompokkan depresi pada tempat kerja (burnout) sebagai sindrom. Dalam International Classification of Diseases, burnout sebagai satu sindrom yang dikonseptualisasi sebagai dari hasil depresi akut pada tempat kerja yang tidak diatur secara baik.

Pemicu Burnout
Mencuplik dari Mayo Clinic , orang yang alami burnout kemungkinan besar disebabkan karena beberapa hal ini:
Jumlah sumber daya yang tidak sesuai dengan untuk menuntaskan tugas
Ketakmampuan untuk atur faktor tugas (beban kerja, pembagian pekerjaan, dan agenda) hingga mengakibatkan kecapekan
Berasa terancam dan di-bully oleh rekanan kerja
Tugas yang monoton
Minimnya dukungan dari sekitar lingkungan
Sasaran tugas yang banyak
Kesetidakimbangan di antara kehidupan individu dengan tugas
Komunikasi di dalam lingkungan tugas yang kurang terbuka

Pertanda Depresi di Tempat Kerja
Department of Health dan Human Serviss, State Government of Victoria, Australia menjelaskan jika depresi karena tugas dapat memunculkan tanda-tanda sikap, yakni:
Pengurangan performa
Kreasi dan ide yang menyusut
Peralihan situasi hati
Timbulnya permasalahan interpersonal
Tidak sabar
Kerap sakit
Kehilangan ketertarikan beberapa hal
Lebih sukai menyendiri

Langkah Menangani Depresi di Tempat Kerja

Saat sebelum burnout memberikan imbas negatif yang semakin besar, sebaiknya kamu ikuti cara-cara berikut ini untuk menanganinya:

Ketahui Batasan Kekuatan
Mengenal batasan kekuatan kamu dalam melakukan tugas ialah penting untuk dilaksanakan. Jika sudah mengenalinya secara baik, karena itu kamu dapat memaksimalkan saat yang diperlukan dan taktik yang perlu dikerjakan supaya tugas bisa tersudahi secara baik dan menghindar kecapekan terlalu berlebih.

Share dengan Rekanan Kerja
Membuka percakapan dan share dengan rekanan bisa membuat situasi kerja yang lebih positif. Dengan berlaku positif dan percaya diri, kamu dapat santai sesaat dan situasi kerja akan berasa semakin nyaman.

Lupakan Tugas Sesaat
Beban dan sasaran tugas sering membuat orang jadi depresi. Karena itu, it’s okay, kok, jika kamu ingin lupakan tugas sesaat. Mencari selingan yang dapat membuat pemikiran dan tenagamu kembali sembuh, seperti melihat film, karaoke, bercocok tanam, bermain dengan hewan piaran, dan ada banyak kembali.

Menjaga Skema Hidup
Hectic-nya tugas sering membuat kita lupa untuk jalani pola hidup sehat. Menurut Mayo Clinic, beristirahat cukup, konsumsi vitamin dan makanan bergizi dan olahraga bisa menolong membuat perlindungan kesehatan fisik dan psikis dari depresi tugas.

Kerjakan Mindfulness
Mindfulness ialah saat kamu sadar dan konsentrasi pada peristiwa yang kamu rasakan tanpa interpretasi. Pada dasarnya, tehnik yang sudah dilakukan saat mindfulness ialah seperti berikut:
Duduk pada sikap senyaman yang didapatkan
Bernafaslah seperti umumnya

Coba untuk konsentrasi rasakan tiap tarikan dan embusan napas
Sebuah riset dari Australia mendapati hasil jika mindfulness mempunyai faedah untuk pribadi yang alami tingkat depresi lumayan tinggi. Ini disebabkan karena ketidaksamaan ambil keputusan dalam menuntaskan satu permasalahan sesudah seorang mengetahui persoalan dengan sepenuhnya lewat aktivitas mindfulness.

Mudah-mudahan 5 langkah menangani depresi kerja di atas bisa membuat kamu semakin kuat dan kuat untuk hadapi semua halangan, ya!

 

kunjungi juga beli mesin es kristal di surabaya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.